Tour de Java: Kota Kecil dengan Universitas Terbesar (Depok_bag I)

Halo sobat setia…Seperti yang saya janjikan dalam postingan sebelumnya, maka kali ini saya akan mencoba untuk berbagi pengalaman yang saya alami saat melakukan tur keliling Pulau Jawa. Jadi, cekidot aja ya!!

Kota pertama yang saya sambangi adalah Kota Depok. Meskipun bersebelahan dengan DKI Jakarta, kota ini tidak lantas masuk sebagai wilayah Ibukota, lho…. Akan tetapi, kota mungil ini tercatat sebagai salah satu kota dibawah pemerintahan Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Barat yang masyhur itu.

Salah satu alasan mengapa saya kagum dengan kota ini ialah keberadaan sebuah universitas negeri ternama di dalamnya. Tahukah Anda dengan apa yang saya maksud? Yup, seratus buat Anda. Di Kota Depok ini, berdiri dengan megah universitas terbesar se-Indonesia: Universitas Indonesia (UI).

Mengapa saya katakan ‘terbesar’? Karena saya melihat sendiri betapa luasnya komplek kampus yang satu ini. Akan sangat sulit bagi Anda untuk menjelajahi keseluruhan bangunan hanya dengan berjalan kaki saja. Karena kaki Anda akan cenat-cenut terlebih dahulu sebelum usai mengelilingi keseluruhan komplek UI. 🙂

969675_570787552964918_1241846724_n

Saya dengan latar belakang telaga kampus UI

UI adalah kampus yang memiliki telaga indah di dalamnya (serius,gak bercanda ini…. -_-) Telaga tersebut sengaja dikondisikan dekat dengan perpustakaan agar para mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai tempat belajar yang asyik sekaligus kondusif.

1013590_570787436298263_62774622_n

Perpustakaan UI, jajaran terhebat di kelasnya…

Oh ya, bicara tentang perpustakaan kampus ini rasanya tak akan lengkap jika saya tak menyebutkan berbagai kehebatan dan keajaiban yang ada disana. Perpustakaan UI ini dibangun setinggi 4 lantai disamping telaga yang saya sebutkan diatas.

Nah, perpustakaan selalu identik dengan ruangan berisi buku. Namun, paradigma seperti itu rasanya tak berlaku di kampus ini. Terbukti di dalamnya terdapat berbagai ruang diskusi, kafe Starbucks, toko buku yang menjual buku-buku khusus berbahasa Inggris, hingga ruang Internet. Semuanya dapat dijumpai dengan mudah di lantai pertama dari bangunan ini. Buku-buku referensi baru dapat dijumpai di lantai kedua hingga seterusnya. Sayangnya, keberadaan ‘novel’ dan ‘komik’ yang saya gemari sangat sedikit sekali ditemukan. (Gak ada salahnya mahasiswa baca hiburan seperti itu kan? Hehehe… :p )

Fenomena lain yang saya dapati di perpustakaan UI ialah populasi komputer Apple, iMac, yang begitu banyak disini. Ratusan iMac dapat dengan mudah Anda temui di ruang Internet hingga lorong-lorong perpustakaan. Fungsinya selain untuk browsing, juga sebagai alat pembantu bagi para pengunjung yang kesulitan dalam menemukan lokasi suatu buku referensi. Keren kan?

1044095_570787462964927_1559586051_n

iMac di Perpustakaan UI

Bawa kendaraan bermotor, bawa kamera, dan datanglah di sore hari. Itu semua tips bagi Anda yang berkesempatan untuk mengunjungi kampus satu ini, entah untuk studi banding, pendaftaran kuliah, atau hanya sekedar jalan-jalan. Sangat keterlaluan jika Anda memaksakan diri Anda untuk berjalan kaki ketika menjelajahi kampus ini, karena waktu dan kaki Anda hanya akan habis di jalan saja. Selain itu, ada begitu banyak sudut kampus yang sayang untuk dilewatkan tanpa mengabdikannya sejenak dalam kamera Anda. Terutama bagi Anda yang narsis… 🙂

1069794_570787486298258_1378177385_n

Gak usah malu buat mampir ke ruang Internet UI…GRATIS

Oh ya, jangan lupa sempatkan diri Anda untuk mampir ke ruang Internet di lantai pertama perpustakaan UI. Ruangan itu selalu terbuka untuk umum bagi para pengunjung dari luar. Dan ingat, semuanya GRATIS alias FREE. Anda tak perlu membayar sepeser pun ketika menggunakan iMac disana untuk browsing. Lumayan kan, bisa maen pesbuk sejenak… 🙂

Bro, sebagai seorang remaja yang masih duduk di bangku SMA, wajarlah jika saya memendam cita-cita untuk melanjutkan studi disana. Bukan karena apa-apa, tapi saya melihat dengan mata saya sendiri betapa kompetitif dan kondusifjnya lingkungan belajar di sana. Sehingga, dalam postingan kali ini saya dengan kerendahan hati meminta doa dari para pembaca semua agar bisa melanjutkan studi di sana. Bisa kan?

 

“We travel not to escape life,

but for life not to escape us…..”

 

-Anonymous-

One thought on “Tour de Java: Kota Kecil dengan Universitas Terbesar (Depok_bag I)

Tinggalkan Balasan

