What Al Qur’an Says About Travelling?

Beberapa hari yang lalu, saya secara tak sengaja mendapat ajakan dari salah seorang teman untuk ikut bergabung dalam suatu gerakan bernama #1hari1ayat yang digagas oleh pemilik akun twitter @primaditarahma. Gerakan apakah itu? Ternyata itu adalah suatu kegiatan yang mendorong kita semua untuk memposting satu ayat saja dalam setiap harinya selama bulan Januari di blog kesayangan milik kita pribadi. Menariknya pula, kegiatan ini dilombakan secara umum!!

Jujur, ini adalah tantangan besar bagi saya. Bukan dalam artian mengejar nominal hadiah yang disediakan, tapi lebih kepada panggilan hati nurani saya untuk melakukannya. Sebab, ini merupakan salah satu tanggung jawab saya, selaku seorang muslim, untuk membuktikan kepada penduduk dunia bahwa Al Qur’an adalah kitab suci yang universal, selalu cocok kapan dan dimana saja.

Oleh karena itu, saya bertekad akan mengikuti kegiatan #1hari1ayat ini hingga tuntas. 31 hari non-stop, Insya Allah. Memang berat. Tapi bukankah setiap hasil yang indah dicapai melalui perjuangan berat nan melelahkan?

Lalu jenis ayat apa yang akan saya posting setiap harinya? Anda semua tahu jika blog yang sedang saya kembangkan ini adalah sebuah blog travelling. Blog yang memuat semua catatan perjalanan saya selama menjelajahi sudut-sudut kehidupan dunia. Maka kini, saya akan berusaha membuat sebuah panduan ‘super keren’ bagi para traveller di seluruh dunia. Bukan sekedar panduan biasa, karena saya bermaksud untuk menyusun sebuah panduan yang berasal dari kumpulan ayat-ayat suci Al Qur’an. Saya mencoba untuk membuktikan kepada Anda semua bahwa Al Qur’an selama ini banayak mengabarkan  kita berbagai hal yang erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Saya juga berusaha menjadikan panduan ini sebagai sebuah cerita utuh yang dapat dipahami dengan mudah oleh orang-orang awam.

Semua tulisan yang telah saya posting, Insya Allah akan saya kumpulkan menjadi satu kategori dengan nama #1hari1ayat agar memudahkan para pembaca nantinya.  Dan saya selalu mempersilahkan para pembaca, untuk turut menyebarkan untaian-untaian indah kalm Sang Pencipta alam semesta ini kepada orang lain. Bahkan saya menghimbau Anda semua untuk ramai-ramai menyebarkan, memberitahu, bahkan meng-copy paste, tulisan saya ini dan membagikannya di berbagai social media yang Anda miliki. Asal, jangan lupa mencantumkan nama blog ini sebagai sumber utamanya….(Itung-itung promosi dikit…🙂 )

Mari kita jadikan momen bertambah tuanya usia bumi ini sebagai momen untuk lebih menggiatkan diri dalam dakwah kepada Allah. Agar suatu saat nanti bangsa Indonesia bisa berada di jajaran terdepan negara-negara yang menentukan laju dunia ke depannya, sekaligus menjelma sebgaia salah satu negara yang layak diperhitungkan oleh negara lain.

Terakhir, saya ucapkan kata salut kepada @primaditarahma yang telah membuat gebrakan hebat di awal tahun ini. Semoga semakin banyak peminat yang ikut terjun dalam gerakan ini. Bukan dalam rangka mengejar kemenangan, tapi lebih kepada kewajiban kita semua untuk berdakwah menyeru manusia ke jalan Islam.

Ya, semoga saja!

Tinggalkan Balasan

