Tujuan Backpacker itu….(bag_I)

Al Hujurot 13“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling muliadi antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”(Al Hujurot (49): 13)

Kemarin, kita sudah memahami jika backpacker bukan ajang untuk saling sombong satu sama lain. Kalau begituapa sebenarnya tujuan dari sebuah tavellingitu?

Al Qur’an kembali menjawab pertanyaan ini dengan sebuah jawaban yang mengesankan sekaligus menggelitik akal pikiran kita semua: Mengenal Suku Bangsa Lainnya.

Coba Anda pikirkan dengan seksama, mengapa harus ada manusia yng lahir dengan berbagai perbedaan mendasar? Mengapa Allah menciptakan manusia dengan segala keanekaragaman warna kulitnya? Mengapa pula Allah harus menyebar manusia ke seluruh dunia sehingga menimbulkan banyak perbedaan suku dan bahasa? Dan masih ada begitu banyak pertanyaan ‘mengapa’ lainnya.

cowok belum pacaranAllah Maha Mengetahui akan segala hikmah dibalik setiap kejadian yang Dia kehendaki. Termasuk dalam hal ini,Kawan. Semua keanekaragaman dan perbedaan itu pastinya menimbulkan insting penasaran dalam benak manusia. Dan itulah yang mendorong kita semua untuk saling mengenal satu sama lain. Bangsa Cina berusaha mengenal Penduduk Afrika. Dan setelah itu akan timbul perasaan saling memahami diantara kedua kaum tersebut. Sehingga berbagai kerjasama yang saling menguntungkan pun mulai dapat dijalin diantara keduanya.

Al Qur’an bersifat universal. Begitu pula dengan ayat ini. Tidak hanya mencakup hubungan satu kaum dengan satu kaum lainnya, namun tentunya juga dapat diterapkan antar individu. Kita mengenalnya sebagai hubungan relasi. Dan Anda pastinya tahu, berapa  banyak manfaat yang bisa diperoleh dari hubungan itu kan? Berapa banyak jaringan bisnis raksasa yang mampu bertahan dari krisis akibat hubungan sengan relasinya yang baik? Banyak,bung.

PersahabatanSelain itu, memiliki kenalan relasi baru berarti juga membuka berbagai pintu kebaikan untuk kita semua. Karena, bukan mustahil, jika relasi baru tersebut akan membawa kita kepada perkenalan-perkenalan lainnya. Coba hitung, berapa banyak pahala yang akan diperoleh jika itu semua dimanfaatkan sebagai ajang ekspansi dakwah agama ini?

Bukankah ayat diatas menyebutkan dengan gamblang bahwa orang yang paling dekat dengan Allah adalah mereka yang paling bertakwa kepada-Nya? Mengenal suku bangsa lain. Membuka wacana hubungan relasi yang berkualitas. Merintis ladang dakwah yang unggur. Dan menyemai semangat-semangat perubahan bagi dunia kedepannya. Semuanya memberi kesempatan kepada kita untuk menjadi orang paling bertakwa.

Dan itulah tujuan utama mengapa kita melakukan travelling!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s