Tujuan Backpacker itu…….(bag III)

Yusuf 105Dan banyak sekali tanda-tanda (kekuasaan Allah) di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling daripadanya.(Yusuf (11): 105)

 

Kawan, sesudah kita mengamati berbagai jenis suku bangsa yang kita lalui dan berbagai jenis makanan yang kita santap, maka kini mari kita mengalihkan perhatian kita kepada alam yang setiap waktu kita jumpai.

Coba Anda tanyakan pada diri Anda sendiri,berapa banyak lautan yang telah berhasil Anda arungi? Atauberapa banyak gunung, sungai, dan lembah yang telah Anda taklukkan? Lalu apa yang Anda dapatkan dari itu semua? Lelah bercampur kepuasaan semata?

Mengapa gunung ini beku? Kekuasaan Allah yang memancing segenap rasa tanya….

Mungkin Anda akan menyebut ironis, mereka yang tiap hari melewati berbagai tanda-tanda kekuasaan Sang Khalik namun tak kunjung terketuk hatinya untuk ikut beriman kepada-Nya. Namun, sungguh, lebih ironis lagi orang-orang yang mengaku beriman kepada Allah, namun keimanannya tersebut tidak berarti banyak bagi dirinya saat melihat langsung kebesaran Tuhannya dalam tiap karya agung-Nya. Percuma. Sia-sia. Mereka enggan berhenti barang sejenak untuk mengamati dan mendalami tanda-tanda kebesaran Dzat yang tersebar begitu banyak di muka bumi ini.

giraffePadahal, mengamati alam semesta bukan berarti menyia-nyiakan waktu yang Anda miliki begitu saja. Tapi ia merupakan sebuah usaha dari kita, selaku hamba-Nya, untuk lebih bersyukur kepada Dia yang telah menciptakan diri kita dengan begitu sempurna. Jauh dari kata cacat. Niscaya hal itu juga akan menambah keimanan kita kepada Rabb Yang Maha Perkasa, yang mampu menciptakan seisi semesta tanpa bantuan dari siapapun. Dan pada akhirnya, bertambah pula keyakinan kita terhadap kebenaran risalah yang selama ini menjadi agama kita, Islam.

Mekong River-600x400Travelling memang erat berkaitan dengan wisata dan foya-foya. Tapi mari kita ubah paradigma tersebut dengan beberapa usaha sederhana. Menajamkan indra, mengamati dengan jeli, hingga mengambil hikmah dari setiap perjalanan yang kita lakukan adalah secuil pekerjaan yang dapat kita kerjakan dengan mudah. Itulah yang diajarkan Al Qur’an kepada para pecinta travelling seperti kita. Kalau Anda masih ragu, maka bersipalah menyebut diri Anda ironis sebagaimana jenis orang yang saya sebutkan diatas!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s