Tujuan Backpacker itu….(III_A)

ar rad 3ar rad 4

Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dankebun-kebun anggur, tanaman-tanaman danpohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian ituterdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.(Ar Rad (13): 3-4)

Beberapa postingan sebelumnya tentu membuat Anda sadar pada kenyataan ini, Kawan. Dengan tegas, Allah memerintahkan bahwa seorang manusia itu setidaknya HARUS pernah melakukan suatu perjalanan, meskipun hanya sekali seumur hidup. Gak mesti menempuh ribuan kilometer, bro, karena yang ditekankan bukanlah seberapa jauh yang ditempuh, namun seberapa besar efek-efek posistif yang kita dapati selama travelling. Lebih beriman kepada-Nya, juga tambah bersyukur, serta semakin rendah hati hanyalah beberapa contoh dari ribuan bahkan jutaan contoh efek positif lainnya.

Nah, dalam postingan sebelumnya (klik sini), saya telah menyinggung salah satu alasan mengapa Allah begitu menekankan kepada kita untuk melakukan suatu perjalanan. Yaitu mengamati tanda-tanda kebesaran Allah yang selama ini tersembunyi di balik pesona alam. Maka mulai bebarap hari ke depan, saya bermaksud mengajak Anda semua untuk menyelami lebih dalam berbagai kondisi alam yang disebutkan secara tersurat oleh Allah dalam kitab-Nya. Setidaknya dalam 2-3 postingan ke depan, Insya Allah. Penasaran kan? Yuk,kita ulas bareng-bareng!

dengan-bersikap-tenang-kita-dapat-berpikir-tenang

Apakah kita termasuk seorang pemikir seperti yang dimaksudkan oleh Allah?

Menurut Anda berapa banyak Allah menyebut kenampakan alam dalam 2 ayat diatas? Jawaban Anda mungkin berbeda satu sama lain, tergantung proses pemahaman Anda sendiri. Tapi kalau Anda amati dengan seksama, semua cerita diatas ditutup dengan sebuah pernyataan dari Allah yang menggelitik akal pikiran kita selaku makhluk paling sempurna di muka bumi ini.Yup, ini dia: Tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang BERPIKIR.

Memangnya, apa yang spesial dari gunung, sungai, kebun,buah-buhan, malam, siang, hingga pohon kurma sehingga Allah berfirman seperti itu? Kawan, setiap hari kita mungkin melalui dan menjumpai penampakan alam seperti itu, dan setiap itu pula kita sepertinya lupa bahwa itulah ayat-ayat kauniyah Sang Khalik di sekeliling kita.

Coba kita bayangkan, gunung berapi sekaliber Krakatau saja dapat dimusnahkan oleh Allah dalam sekejabpada tahun 1983. Lalu bagaimana dengan manusia lemah seperti kita?

Potret Krakatau Ketika Meletus Begitu Dahsyat...

Potret Krakatau Ketika Meletus Begitu Dahsyat…

Coba kita amati, jauh sebelum manusia mengirim satelit luar angkasa pertama kali, Al Qur’an terbukti telah mengabarkan kepada kita bahwa matahari, bulan, dan bumi senantiasa beredar menurut garis edar yang telah ada. Kalau tidak, bagaimana mungkin Anda akan dapat menjelaskan fenomena malam dan siang?

Coba kita pikirkan, beratus-ratus tahun sebelum ilmuwan menemukan fakta bahwa tumbuhan memiliki jenis kelamin berpasang-pasangan, putik dan benang sari, Allah telah terlebih dahulu memberitahukannya kepada manusia mengenai hal ini. Tengok saja arti dari ayat diatas…

Apa artinya ini semua? Tiada lain ialah mengajak kita untuk lebih banyak mengamati alam sekitar kita. Bukan mustahil suatu saat nanti Anda mampu menghasilkan penemuan penting di bidang sains yang terinspirasi dari ayat Al Qu’ran. Atau malah menjadi inspirator utama kebangkitanumat ini di masa mendatang. Siapa yang tahu?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s