Tujuan Traveler itu….(III_B)

An Nahl 16“dan (Dia menciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bintang mereka mendapat petunjuk.”

Seusai mengamati berbagai bentang bumi yang begitu mempesona sanubari kita kemarin (klik sini) , maka sekarang waktunya bagi kita untuk mulai mengarahkan pandangan ke langit diatas sana. Hal istimewa apalagi yang menyimpan tanda-tanda kebesaran Dzat Yang Maha Kuasa itu? Banyak sekali, kawan.

Mari kita mulai dengan satu obyek sederhana yang TIAP MALAM kita jumpai di langit. Jumlahnya ribuan saat malam sedang mancapai puncak kecerahan. Anda pasti paham dengan apa yang saya maksudkan. Apalagi kalau bukan BINTANG.

Pikiran apa yang biasanya memenuhi benak Anda saat disebut nama benda langit yang satu itu?

Gemerlap Ciptaan Allah di malam hari...menyimpan kebenaran di tiap sudutnya...

Gemerlap Ciptaan Allah di malam hari…menyimpan kebenaran di tiap sudutnya…

Memandang kemerlap bintang, menghubungkan puluhan garis-garis imajiner diantara ratusan bintang, sambil berusaha melukis wajah seseorang yang Anda cintai dengan. Semuanya dilakukan sambil menyebut penuh rindu nama orang tersebut. Berharap ia turut berada di sisi Anda. Iya kan?

Stop!Mungkin bagi sebagaian orang, fantasi seperti itu sudah tak asing lagi. Tapi jelas, itu bukan angan-angan yang cukup bagus dalam Islam. Mari, kita mengembalikan makna keberadaan bintang ke posisi awalnya. Membuatnya berada di tempat yang sesuai dengan tujuan mengapa ia sengaja diciptakan oleh Sang Khalik.

Bintang diciptkana dengan berbagai tujuan. Sebagian berhasil diketahui oleh manusia, namun beberapa yang lain tetap menjadi rahasia Tuhan semesta alam. Karena ini adalah blog bagi para traveller dan backpacker, maka saya tentu lebih mengutamakan manfaat Bintang bagi para penggemar kegiatan travelling.

Sesuai dengan ayat dia atas, salah satu tujuan mengapa Allah ciptakan Bintang ialah sebagai penunjuk jalan bagi para musafir. Bintang Orion penanda arah Barat, bintang Ursa Major yang menghadap utara, bintang Scorpion penunjuk arah Tenggara, hingga Bintang Scrux penunjuk arah Selatan, semuanya sengaja diciptakan dengan maksud dan tujuan

Bentuk Rasi Bintang Ursa Mayor penunjuk arah Utara...

Bentuk Rasi Bintang Ursa Mayor penunjuk arah Utara…

ini.Bukti nyata jika Allah begitu sayang pada hamba-Nya. Dia tak ingin kita tersesat ketika menempuh perjalanan.

Sayangnya, semakin hari manusia semakin lalai dalam ilmu mebaca posisi Bintang ini. Padahal, ilmu semacam ini sangat bermanfaat saat kita terjebak di tempat asing seperti hutan maupun belantara. Mungkin kompas masih dapat membantu kita, namun tetap saja ada saat dimana ia tak lagi berfungsi. Sebaliknya Bintang, ia adalah kompas terhebat yang pernah ada. Karena, jelas, tak ada malam yang hadir tanpa dihiasi ciptaan Tuhan yang satu ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s