Tujuan Backpacker itu….(IV)

As Sajdah 26“Dan tidakkah menjadi petunjuk bagi mereeka, betapa banyak umat-umat sebelum mereka yang telah kami binasakan, sedangkan mereka sendiri berjalan di tempat-tempat kediaman mereka itu. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah). Apakah mereka tidak mendengarkan (memperhatikan)?” (As Sajdah (32): 26)

Inspirasi terakhir dari Al Qur’an mengenai tujuan mengapa Allah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk travelling ialah sebagaimana yang termaktub dalam ayat diatas. Mengambil pelajaran dari kondisi umat-umat terdahulu.

Begitu banyak kaum-kaum terdahulu yang musnah dibinasakan oleh Allah akibat kedurhakaan mereka kepada Rabbnya. Mulai dari mengingkari para pembawa risalah hingga berlaku di luar batas kewajaran. Semuanya berujung pada satu hal: Kehancuran. Namun, Allah menyisakan sebagian sisa-sisa bangunan mereka, agar manusia-manusia di masa mendatang dapat mengambil pelajaran dari mereka. Juga supaya orang-orang di masa berikutnya dapat menghindari berbagai perbuatan mereka yang hanya akan mengundang murka Allah. Betapa sayangnya Allah pada kita!!

Pepatah mengatakan: Hanya keledai yang terperosok dua kali ke dalam lubang yang sama. Pertanyaannya, apakah kita seperti makhluk bernama keledai itu, yang kembali mengulang perbuatan fasik kaum-kaum terdahulu? Hanya diri Anda sendiri yang bisa menjawabnya.

(Nantikan ulasan berikutnya mengenai tujuan keempat ini dari firman-firman suci Al Qur’an di posting-posting berikutnya) 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s