Tujuan Backpacker itu…(IV_A)

Al Fajr 6-14“Tidakkah Engkau memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) ‘Ad? {6} (yaitu) penduduk Iram (ibu kota kaum ‘Ad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi, {7} yang belum pernah dibangun (suatu kota) seperti itu di negeri-negeri lain, {8} dan (terhadap) kaum Samud yang memotong batu-batu besar di lembah, {9} dan (terhadap) Fir’aun yang mempunyai bangunan-bangunan yang besar {10} yang berbuat sewenang-wenang dalam negeri {11} lalu mereka banyak berbuat kerusakan dalam negeri itu {12} karena itu Tuhanmu menimpakan cemeti azab kepada mereka {13} Sungguh, Tuhanmu benar-benar mengawasi. {15}” (Al Fajr (89): 6-14)

Potongan surat diatas tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Ya, selama ini kita pasti sudah mafhum jika suart Al Fajr ini termasuk bagian dari Juz 30, juz yang paling sering kita jumpai setiap harinya. Namun sudah pahamkah kita dengan berbagai kandungan yang tertera di dalam surat ini? Berapa kali kita mengkaji isi surat ini? Hanya Tuhan dan Anda sendiri yang tahu…. 🙂

Salah satu faidah dari sekian ratus faidah yang ada dalam surat diatas ialah perintah untuk bersafar travelling, yang tercantum dalam 9 ayat diatas. Destinasinya pun bukan sekedar destinasi wisata seperti biasanya. Karena, tempat tujuan berdasarkan ayat diatas ialah kota-kota mati yang selama ini sudah tak berpenghuni lagi. Mulai dari Atlantis Padang Pasir-nya Kaum ‘Ad di daerah Yaman, bekas kediaman kaum Samud di lembah antara Jazirah Arab dan Syam, hingga Kota Ramses peninggalan sang Fir’aun. Seram? Takut? Jelas, tapi yang pasti akan ada terlalu banyak pelajaran hebat yang Anda lewatkan jika tak mengunjunginya.

Kaum ‘Ad, Kaum Samud, dan Fir’aun adalah 3 tokoh utama dalam beberapa ayat diatas. Semuanya memiliki beberapa persamaan yang luar biasa berguna bagi generasi mendatang. Apa itu?

  1. Mereka semua adalah para pemimpin dunia di eranya. Menguasai teknologi peradaban yang luar biasa hebat ketika itu. Kaum ‘Ad mempunyai kota dengan bangunan-bangunan tertinggi yang belum pernah dibuat oleh kaum-kaum sebelumnya.Kaum Samud mampu mengukir gunung dengan begitu indahnya sehingga layak dihuni dengan nyaman. Fira’un dan Insinyurnya, Haman, berhasil mendirikan Kota Ramses yang begitu megah. Kurang apa coba?
  2. Semua kaum diatas juga dibinasakan akibat kedurhakaan mereka kepada Sang Khalik. ‘Ad dan Samud, mengingkari utusan Allah yang dikirim di tengah-tengah mereka. Nabi Hud a.s dan Nabi Shalih. Sebaliknya Fir’aun, sebagaimana disebutkan di ayat 11 surat Al Fajr, berlaku sewenang-wenang di muka bumi. Menyiksa Bani Israil. Mengingkari kebenaran Nabi Musa dan Nabi Harun a.s. Dan parahnya, ia mengaku dirinya sebagai Tuhan.
  3. Dalam kisah mereka semua, terdapat begitu banyak pelajaran yang seharusnya dapat dimanfaatkan oleh generasi selanjutnya. Dari mereka kita dapat memahami bahwa kekuasaan, kemajuan teknologi, hingga kekuatan fisik tidak dapat menyelamatkan seorang pun dari murka Sang Pencipta. Yang bisa membantu hanyalah cahaya iman di dada, walau hanya sepercik kecil saja. Dan itulah, yang sayangnya tidak mereka miliki saat itu.
Bekas Kota Atlantis Padang Pasir karya Kaum 'Ad yang kini kosong melompong

Bekas Kota Atlantis Padang Pasir karya Kaum ‘Ad yang kini kosong melompong

Rumah-rumah yang diukir di gunung oleh Kaum Samud

Rumah-rumah yang diukir di gunung oleh Kaum Samud

‘Ad, Samud, dan Fira’un semuanya telah berlalu. Akhir keberadaan mereka dicatat dalam Al Qur’an dengan harapan umat berikutnya tidak mengulangi kedurhakaan yang mereka lakukan. Namun, itu bukan berarti bahwa hanya mereka saja kaum-kaum durhaka yang disebut dalam Al Qur’an. Masih banyak kaum-kaum lainnya. Dan salah satunya dapat Anda temukan dalam edisi selanjutnya. Penasaran kan? Tunggu aja, karena ia akan hadir di esok hari. Insya allah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s