Doa Ketika Akan Melangkahkan Kaki di Daratan….

Az zukhruf

“Dan Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi. {12) Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat ni’mat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya; dan supaya kamu mengucapkan: ‘Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.{13} dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’ {14}“.  (Azh-Zukhruf (43):12-14)

Aih, indah nian agama Islam itu. Hal-hal sepele seperti doa menjelang perjalanan saja turut dibahas dalam kitab suci Al Qur’an. Gimana gak, Allah SWT, melalui ayat diatas, membahas secara tersirat mengenai doa yang harus dibaca saat seseorang akan menempuh sebuah travelling. Doa yang berisi pujian kepada Sang Khalik, agar Dia berkenan memberikan perlindungan kepada kita selama berada di dalam perjalanan. Juga doa yang bersisi harapan agar kita bisa kembali kepada orang-orang yang kita tinggalkan dengan selamat sentosa. Sekaligus sebuah doa yang sarat penuh dengan rasa syukur kepada Dzat yang telah memberi kita berbagai kekuatan (harta, kesehatan, kemauan, bahkan semangat 🙂 ) sehingga kita bisa melangkahkan kaki kita dalam tiap travelling yang kita lakoni. Inilah doa yang sedikit, namun menyimpan jutaan makna di dalamnya.

Doa ini tidak hanya berlaku bagi para traveller atau petualang yang bepergian dengan hewan ternak saja, namun ia juga bisa diterapkan para pengguna pesawat, kereta, mobil, bahkan becak dalam tiap perjalananannya. Intinya, apapun moda transportasi yang kita gunakan, doanya cuma satu aja: Subhaanal ladzi sakhkhara lanaa haadzaa wa ma kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqolibuun.

Simpel kan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s