Fiqih Musafeer: Sebuah Pendahuluan

Siapa saja yang hidup di bawah nanungan Islam, pasti mengetahui bahwa Islam adalah agama yang lengkap. Bak makanan yang dihidangkan dalam sebuah jamuan, di dalamnya terdapat makanan pembuka hingga makanan pencuci mulut. Minuman yang ada pun lengkap mulai dari A hingga Z. Nah, seperti itulah agama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW ini. Lengkap, tiada kurang satu jua pun.

Termasuk dalam hal bepergian (travelling). Islam mengatur secara lengkap adab-adab mengenai masalah ini melalui firman Sang Khalik maupun penjelasan hadis dari Sang Junjungan Nabi Muhammad SAW. Mulai dari hal-hal sederhana semacam doa-doa ketika berangkat, hingga berbagai masalah ‘serius’ seperti berbagai resiko yang senantiasa mengintai sepanjang perjalanan. Semuanya diulas dengan seksama oleh agama Islam. Coba, adakah agama yang lain yang mengulas secara lengkap masalah ini? Kristen dengan ‘Bible’-nya? Atau Yahudi dengan ‘Talmud’-nya? Atau keyakinan-keyakinan lainnya?

Sayangnya kenyataan ini jarang diketahui oleh masyarakat umum. Hanya segelintir manusia saja yang sadar betapa ajaibnya kitab suci Al Qur’an itu. Padahal, di luar sana ada ribuan bahkan jutaan traveller maupun backpacker yang menanti akan kabar gembira ini. Kabar yang Insya Allah akan membuat petualangan mereka menjadi lebih bermakna bagi diri masing-masing individu, juga sekaligus akan menjadi lebih bernilai ibadah di sisi-Nya. Keren kan, kalau hobi kita semua ternyata bisa menjadi ladang amal buat ‘nyicil’ rumah di surga kelak?

Oleh dasar itulah, saya sebagai owner blog ini, merasakan perlu untuk membahas secara khusus beberapa hukum fikih sederhana yang berkaitan dengan dunia musafir. Sebuah kumpulan catatan yang bersumber dari kitab suci kita semua, Al Qur’an. Semoga, para pengunjung yang menyempatkan diri membaca berbagai postingan ini akan menjadi lebih terinspirasi dalam kesehariannya. Juga menjadi sosok yang ‘lebih gila’ dalam bertualang ke seluruh penjuru dunia guna mempelajari ayat-ayat kebesaran Sang Khalik sekaligus menyeru manusia kepada satu-satunya jalan kebenaran, ISLAM.

Edisi pertamanya, dapat Anda nikmati mulai hari ini…disajikan khusus untuk Anda… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s