Fiqih Musafeer: Sholat Qashar

An Nisa 101“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar sembahyang(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (An-Nisa(4): 101)

Ayat diatas menjadi hujjah atau alasan bagi kita semua untuk menyingkat jumlah rakaat Shalat yang kita lakukan. Syaratnya ialah kita sedang berada dalam perjalanan ketika itu. Jadi, rukhsoh (keringanan)ini tidak dapat dilakukan di sepanjang waktu begitu saja. Selain itu, jenis shalat yang diperbolehkan disingkat hanyalah shalat yang berjumlah 4 rakaat, yaitu Zuhur, Ashar,dan ‘Isya saja. Ketiga jenis shalat tersebut dapat disingkat menjadi 2 rakaat. Sedangkan dalam shalat Shubuh  dan Maghrib tidak diperkenakan bagi seorang muslim untuk memperpendek jumlah rakaat yang ada.

Inilah yang disebut dengan Shalat Qashar. Disebut sebagai Qashar’ (Qashar berarti pemendekan) karena dengannya seseorang diperbolehkan untuk menyingkat jumlah rakaat suatu shalat. Yang 4 rakaat menjadi 2 rakaat.

Dari ayat diatas pula, kita semua dapat memahami bahwa Shalat menempati posisi yang strategis dalam agama Islam. Karena apapun kondisi yang sedang kita alami, shalat tetap wajib didirikan tepat pada waktunya. Tidak pernah ada dalil yang mengizinkan seseorang untuk meninggalkan shalat. Shalat tetap wajib dilaksanakan meski kita sedang sakit, lumpuh, koma, bepergian, bahkan saat berperang sekalipun. Shalat adalah katalisator uatam keimanan seseorang. Semakin bagus kualitas shalat seseorang berarti semakin baik pula kulitas iman di dadanya.

So, mari kita perbaiki terlebih dahulu kualitas ibadah harian yang satu ini sebelum kita beralih ke hal-hal lainnya. Karena ketika shalat Anda beres, maka akan lebih mudah pula bagi Anda untuk membereskan urusan lain. Setuju?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s