Resiko Travelling: Ketakutan, Kelaparan, Kehabisan Modal

image001image002

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. {155} (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali. {156} Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk {157}” (Al Baqoroh (2): 155-157)

Resiko mesti ada dalam tiap langkah kehidupan kita. Termasuk travelling. Disini Allah SWT mengingatkan kepada kita semua, selaku umat muslim, bahwa ada masanya di mana Allah menguji hamba-Nya dengan ujian berupa kelaparan, ketakutan, juga kemiskinan. Nah, ketiga hal ini entah kenapa sering sekali saya temukan dalam diri orang-orang yang sedang menempuh suatu perjalanan. Takut akan berpapasan dengan orang-orang jahat layaknya perampok. Khawatir akan ditimpa kelaparan akibat modal yang minm maupun persiapan yang kurang maksimal. Ataupun kehabisan modal akibat lupa diri dalam berbelanja. Ya kan?

Melalui ayat berikutnya Allah memberikan kepada kita sebuah solusi ruhani. Manakala musibah menghampiri kita, ucapkanlah: Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roji’un (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali.) Inilah sebuah bentuk kepasrahan kepada Dzat yang menciptakan kita semua. Melalui ucapan sesederhana ini, kita berusaha untuk menyerahkan segala kesusahan kita kepada-Nya. Sekaligus juga meminta solusi dari-Nya.

Cukup katakan itu, dengan dibarengi dengan beberapa usaha semampu kita, niscaya kita akan memperoleh ketenangan batin dari Sang Khalik. Mereka yang mengaplikasikan ayat-ayat diatas secara sempurna adalah orang-orang yang mempeoleh rahmat dan petunjuk dari Allah sebagaimana yang Dia katakana dalam potonga ayat terakhir. Jadi, jangan bersedih kawan, karena Allah senantiasa bersama kita. OK?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s